. Emping Menes Cocok Untuk Jadi Souvenir Khas Banten - Kang Nulis -->
Banner IDwebhost

Emping Menes Cocok Untuk Jadi Souvenir Khas Banten

Sudah beberapa hari ini tulisan saya kebanyakan tentang makanan dan barang belanjaan yang mungkin akan menguras kocek anda saat melancong ke Banten. Namun tenang saja, kali ini anda tidak akan rugi jika menginjakan kaki di tanah kelahiran saya yaitu di Kampung Rumasa, Kota Menes. Sebuah kota kecil di barat Kota Pandeglang atau sebelum anda menuju kawasan Tanjung Lesung, dan disini anda akan menemukan Emping Menes sebagai souvenir khas Banten pada jalan-jalan anda kali ini.Emping yang memiliki bahan dasar melinjo atau sering disebut belinjo (jawa), tangkil (sunda), gnetum gnemon (ilmiah), dan lain sebagainya. Tanaman melinjo ini memang dapat tumbuh di pegunungan yang berhawa lembab atau di dataran rendah yang relative kering, yaitu pada ketinggian 0-1200 m dpl. Namun lokasi yang baik untuk pertumbuhan tanaman melinjo adalah pada ketinggian 400 m dpl dan dengan curah hujan sekitar 3000 – 5000 mm/tahun merata sepanjang tahun.

Dengan keadaan iklim yang seperti itu, maka melinjo disulap menjadi Emping yang merupakan makanan cemilan yang lezat dan sering disajikan bersama nasi. Emping sendiri memiliki ciri yang khas yaitu bulat namun tak beraturan, ini disebabkan proses pembuatannya yang manual dengan alat manual dan sering dikerjakan lebih dari satu orang.

Anda bisa menemukan makanan khas ini di berbagai tempat di Kota Menes. Bisa di pasar, maupun kios yang menyajikan berbagai makanan lainnya yang menjadi ciri khas Banten. Kami menanti anda di Kota Menes :)
Salam Kampung Rumasa | Emping Menes Cocok Untuk Jadi Souvenir Khas Banten
logo
Kenalan Langsung Dengan Saya di Sosial Media.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    Belum ada Komentar untuk "Emping Menes Cocok Untuk Jadi Souvenir Khas Banten"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel